PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERTANAHAN BUKU C DESA BERBASIS WEB DI DESA SATRIYAN KEC.TERSONO KABUPATEN BATANG

Penulis

  • Harry Soepandi Universitas Selamat Sri Batang
  • Putranto Hari Widodo Universitas Selamat Sri Batang

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v16i1.150

Abstrak

Administrasi Pertanahan adalah salah satu aspek pengelolaan data tanah di lingkungan Kepala Desa. Sedangkan administrasi tersebut berisikan Data Pertanahan dan Pemilik Tanah yang semuanya tersimpan dalam Buku C. Namun saat inimasih muncul beberapa permasalahan terkait konflik agraria yang disebabkan karena pengelolaan sertifikat tanah bagi pemilik tanah tidak terdokumentasi dengan baik, Riwayat tanah tidak jelas, Batas tanah yang tidak jelas bahkan terjadi adanya sertifikat ganda aas satu bidang tanah. Dari permasalahan tersebut diatas, maka dibutuhkan perancangan dan pembuatan sistem informasi pertanahan  untuk mempermudah pencarian dan pengolahan data dan pencetakan kutipan pemilik sertifikat pertanahan di Buku C di desa Satriyan Kec. Tersono Kab. Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitaif ini yakni  Metode Survey dan Observasi dengan menggunakan alur penelitian tahap persiapan, pengumpulan data, dan analisis sistem. Sehingga menghasilkan peningkatan pelayanan terutama dalam hal pengelolaan sistem pendataan dan administrasi pertanahan dalam sistem informasi yang awalnya dibukukan dalam Buku C Desa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Sarana prasarana yang ada di desa sangat penting untuk dijaga kelestariannya agar bisa bermanfaat untuk generasi selanjutnya, Sarana dan prasarana yang baik berpengaruh terhadap kinerja dan efisiensi waktu di kantor kepala Desa Satriyan terlebih pada pelayanan masyarakat dan manfaat yang diperoleh dari Aplikasi Buku C Ini sedikit banyak bisa menambah optimalisasi pelayanan tersebut. Aplikasi dapat memberikan informasi pertanahan yang akurat, sehingga mempermudah Kasi Pemerintahan dalam melakukan pencarian data tanah dan menghasilkan infomasi tanah yang akurat. Program Aplikasi Buku C Berbasis Web ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mencari data pertanahan yang  mereka butuhkan.

Kata kunci: Perancangan, Pertanahan, Buku C Desa

Referensi

Abdulghani, Tarmin, and Edi Ubaedilah. 2018. “Sebaran Tanah Penduduk†2: 1–12.

Amanita, Aliesa, and Bayu Septiansyah. 2020. “Penataan Sistem Informasi Dan Administrasi Pertanahan Tingkat Kelurahan Di Kota Cimahi Dalam Rangka Reforma Agraria.†Jurnal Caraka Prabu 4 (2): 143–64. https://doi.org/10.36859/jcp.v4i2.313.

Asyita, Mitha, and Muhammad Taufik. 2013. “Sistem Informasi Pertanahan Untuk Evaluasi Bidang Tanah (Studi Kasus : Perumahan Bumi Marina Emas Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Surabaya).†Jurnal Teknik Pomits X (X): 1–6.

Hasyim, Wachid, Hendry Bambang Setyawan, and Yoppy Mirza Maulan. 2016. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pertanahan Desa Issn 2338-137X.†Jsika 5 (6): 2–7.

Nugraha, Feris Adisca, Slamet Muryono, and Westi Utami. 2021. “Membangun Sistem Informasi Penggunaan Tanah Berbasis.†Jurnal Tunas Agraria 4 (1): 146–57.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-10

Cara Mengutip

Soepandi, H., & Widodo, P. H. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERTANAHAN BUKU C DESA BERBASIS WEB DI DESA SATRIYAN KEC.TERSONO KABUPATEN BATANG. IC-Tech, 16(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v16i1.150