ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMBIMBING AKADEMIK DENGAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT

Penulis

  • Prastuti Sulistyorini STMIK Widya Pratama
  • Christian Yulianto Rusli STMIK Widya Pratama
  • Much. Rifqi Maulana STMIK Widya Pratama
  • Arochman Arochman STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v16i1.149

Abstrak

Sistem informasi pembimbing akademik yang berjalan saat ini masih belum maksimal dalam memberikan informasi perkembangan akademik kepada stakeholder utama, yaitu mahasiswa dan orang tua atau wali. Untuk itu perlu dikembangkan sistem informasi pembimbing akademik kearah model customer relationship management yang dapat memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa sebagai pelanggan utama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan fungsional pengembangan sistem informasi pembimbing akademik kearah model Customer Relationship Management (CRM). Sebelum dikembangkan sistem baru, dilakukan rekayasa kebutuhan fungsional dengan tahapan analisis proses bisnis sistem yang berjalan, analisis masalah, merumuskan usulan pemecahan masalah, analisis kebutuhan sistem, dan pemodelan kebutuhan sistem. Pemodelan kebutuhan sistem baru menggunakan alat pemodelan unified modelling language dengan diagram use case. Hasil penelitian ini berupa model kebutuhan sistem baru yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan sistem informasi pembimbing akademik selanjutnya. Harapnnya dengan adanya model customer relationship management pembimbing akademik, dapat mempermudah implementasi sistem.

Kata kunci:  Analisis Kebutuuhan, Sistem Informasi, Customer Relationship Management

Referensi

Buttle, Francis. 2007. Cutomer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) Terjemahan oleh Arief Subiyanto. Malang: Bayu Media Publishing.

Deriani, Ni Wayan. 2018. "Analisa Perancangan Model Customer Relationship Management Pada STMIK STIKOM Bali." Jurnal VOI STMIK Tasikmalaya Vol. 5. No. 2 43 - 55.

Ian Sommervile, Pete Sawyer. 2007. Requirement Engineering : A Good Practice Guide. Willey.

Kalakota, Ravi dan Marcia Robinson. 2001. E-Business 2.0 : Roadmap For Success. Canada: Addison - Wasley Pearson Education.

M. P. Bacha, A. Celjob and J Zoroja. 2016. ", "Technology Acceptance Model for Business Intelligence System : Preliminary Research"." ELSEVIER 995-1001.

Thayer, T.E. Bell and T.A. 1976. "Software requirements : Are they really a problem?"." Proceedings of the 2nd international conference on Software engineering. 61 - 68.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-10

Cara Mengutip

Sulistyorini, P., Rusli, C. Y., Maulana, M. R., & Arochman, A. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMBIMBING AKADEMIK DENGAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT. IC-Tech, 16(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v16i1.149