Pemanfaatan Program Game Edukasi Pembelajaran Untuk Bidang Pendidikan Bagi Anak Anak Sekolah Tingkat Dasar Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Sampangan 01 Pekalongan

Penulis

  • Mosses Aidjili STMIK Widya Pratama
  • Tria Titiani Chasanah STMIK Widya Pratama

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v16i1.148

Abstrak

Sekolah dasar adalah tempat pembelajar yang sifatnya adalah dasar dari seluruh ilmu dan sebagai tempat awal memberikan dasar dari setiap bidang ilmu pengetahuan, untuk membentuk kecerdasan tambahan maka harus ada media penunjang untuk meningkatkan pemahaman pada materi yang diberikan. Pemberian materi dalam bentuk game edukasi berupa cara menghitung dalam bentuk matematika yang merupakan bentuk tambahan siswa dapat membentuk kecerdasan kognitif, afektif dan psikomotorik yang memberikan keseimbangan dari bentuk teori ke praktek. Materi yang diambil adalah pada tingkat kelas dua  SD dan memberikan enam model dari aplikasi game edukasi pembelajaran , hasil dari pemberian aplikasi ini kepada siswa dengan 39 orang didapati rata rata waktu mengerjakan per sub materi adalah 88.1 detik (1 menit 28 detik 1 milidetik)  per anak,  range waktu max 203.2 detik  dan min 29.4 detik , nilai siswa di kisaran 60 - 100  nilai rata rata siswa 82.2 yang dapat di proyeksikan yaitu B dengan hasil baik. Kemampuan aplikasi yang di buat dari hasil penelitian, didapati nilai 77% baik, 18 % sedang, jika dua nilai digabungkan maka aplikasi ini bernilai 95% dengan grade A artinya aplikasi ini layak bisa di gunakan dalam pembelajar untuk sekolah dasar.

 

Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Kelas 2 SD, Menghitung, Game Edukasi

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_kuantitatif (diakses: 18 februari 2019, 05:23 wib)

https://republika.co.id/berita/q0hcp844242739819000/mengenal-masa-golden-age-dalam-tumbuh-kembang-anak (diakses : 5 November 2019 ,12:24)

https://media.neliti.com/media/publications/110505-ID-mutu-pendidikan-sekolah-dasar-di-daerah.pdf

Mustofa, 2016, game edukasi matematika tentang penjumlahan , pengurangan dan perkalian,stmik widya pratama, pekalongan

Sunandar, 2011, slide Presentasi :Taksonami Tujuan Instruksional, Semarang :IKIP

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-10

Cara Mengutip

Aidjili, M., & Chasanah, T. T. (2021). Pemanfaatan Program Game Edukasi Pembelajaran Untuk Bidang Pendidikan Bagi Anak Anak Sekolah Tingkat Dasar Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Sampangan 01 Pekalongan. IC-Tech, 16(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v16i1.148