Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pembiayaan Nasabah Dengan Metode K-Nearest Neighbor (KNN) Di Kospinmu Surya Mentari Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Penulis

  • Devi Sugianti STMIK WIDYA PRATAMA
  • Arif Soma Darmawan STMIK WIDYA PRATAMA

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v15i2.132

Abstrak

KospinMU Surya Mentari Karanganyar merupakan koperasi yang melakukan banyak aktivitas didalamnya termasuk memberikan pembiayaan bagi nasabah. Demi kelancaran kegiatan pemberiaan pembiayaan antara pihak koperasi dengan nasabah, pihak koperasi perlu menilai dan menentukan kelayakan pembiayaan yang akan diterima nasabah terlebih dahulu sebelum memberikan keputusan pembiayaanya. Masalah yang dihadapi KospinMU Surya Mentari Karanganyar belum mampu mengatur pemberian pembiayaan secara tepat sasaran karena penyeleksiannya yang manual, tidak ada sistem nilai dimana nasabah dapat rekomendasi lain jika nilai tidak sesuai yang diajukan. Dalam pembangunan sistem ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall yang terdiri dari tahapan komunikasi, tahapan perencanaan, tahapan modeling, tahapan pengkodean dan tahapan deployment. Metode pengujian yang digunakan adalah white box, black box dan UAT (User Acceptance Test). Sistem pendukung keputusan pemberian pembiayaan nasabah dengan metode K Nearest Neighbor (KNN) di KospinMU Surya Mentari Karanganyar Kab. Pekalongan ini dapat mempermudah pekerjaan komite dalam memberikan pembiayaan nasabah, sistem dapat memberikan klasifikasi setiap pemohon baru sesusai dengan nilai yang dihitung dengan metode perhitungan K Nearest Neighbor (KNN) dan dapat menjadi media penyimpanan cadangan ketika memorendum yang disimpan secara manual hilang atau rusak.

 

Kata Kunci: k nearest neighbor, waterfall, sistem pendukung keputusan

Referensi

Arifin, Z. (2019). Penerapan Metode Knn (K-Nearest Neighbor) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan KIP (Kartu Indonesia Pintar) Di Desa Pandean Berbasis Web Dan Mysql . Probolinggo: NJCA.

Arviyan, R. V. (2010). Islamic Banking. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dewanto, E. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Palayanan Dan Rasa Terhadap Kepuasan Pelanggan. Surakarta: Naskah Publikasi.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Jogiyanto, H. (2008). Metodelogi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Johar, A. T. (2016). Implementasi Metode KNearest Neighbor (KNN) Dalam Pengambilan Keputusan Seleksi Penerimaan Anggota Paskibraka. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Kurniawan, Y. I. (2020). Klasifikasi Penentuan Pengajuan Kartu Kredit Menggunakan K-Nearest Neighbor. Banyumas: Universitas Jenderal Soedirman.

Mulyani, A. C. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi SisteMatika.

Murdianingsih, Y. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISIS PENGAJUAN KREDIT MOTOR MENGGUNAKAN METODE KNN (K Nearest Neighbor) (Study Kasus pada PT. Federal International Finence (FIF) Cabang Subang).

Pahlevy, A. (2010). Rancang Bangun Sistem pendukung Keputusan Menentukan penerima Beasiswa dengan Menggunakan metode Simpele Additive Weighting (SAW). Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional.

Pressman, R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: 2015.

Shalahuddin, R. A. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Turban, J. A. (2011). Sistem Pendukung Keputusan Dan Sistem Cerdas. Yugyakarta: Andi.

Widiyono, T. (2006). Aspek Hukum Operasional Transaksi Produk Pebankan Di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-10-10

Cara Mengutip

Sugianti, D., & Darmawan, A. S. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pembiayaan Nasabah Dengan Metode K-Nearest Neighbor (KNN) Di Kospinmu Surya Mentari Karanganyar Kabupaten Pekalongan. IC-Tech, 15(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v15i2.132