SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEREKRUTAN KARYAWAN BARU DENGAN METODE SIMPLE ADDITTVE WEIGHTING PADA PT. PAJITEX

Penulis

  • Indrayanti Indrayanti STMIK WIDYA PRATAMA
  • Era Yunianto STMIK WIDYA PRATAMA

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v15i2.130

Abstrak

Dunia kerja tak luput dari kebutuhan akan teknologi informasi. Salah satunya komputer digunakan sebagai alat penyeleksi/merekrut calon karyawan secara cepat dan tepat. PT. PAJITEX (Panggung Jaya Indah) selalu membuka lowongan pekerjaan jika suatu departemen terkait membutuhkan karyawan baru. Permasalahan yang terjadi saat perekrutan calon karyawan adalah setiap tahunnya terdapat kurang lebih 100 calon pelamar dari berbagai jabatan yang mengakibatkan proses perekrutan tidak efisien serta proses perekrutan masih dilakukan secara manual di Ms Excel. Dengan adanya sistem pendukung keputusan perekrutan karyawan baru pada PT. PAJITEX yang merupakan suatu sistem yang memberikan kemudahan dalam menyeleksi/merekrut karyawan baru sesuai dengan kriteria yang diinginkan serta dapat memberikan rekomendasi perekrutan calon karyawan. Sistem pendukung keputusan ini dibangun dengan menyajikan interface yang friendly sehingga memudahkan user dalam menggunakan aplikasi dan sistem ini menggunakan metode simple additive weighting dalam perhitungannya. Dalam pengembangan sistem ini digunakan metode waterfall yang terdiri dari communication, planning, modeling, construction dan deployment. Metode pengujian yang digunakan yaitu metode white-box, black-box dan user acceptance test (UAT). Melalui tahap pengembangan dan pengujian tersebut maka dihasilkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan Perekrutan Karyawan Baru Dengan Menggunakan Simple Additive Weighting Pada PT. PAJITEX secara cepat dan tepat dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam menyeleksi calon karyawan sesuai dengan kriteria yan diinginkan.

Kata Kunci: Sisteem pendukung keputusan perekrutan karyawan, simple additive weighting, waterfall

 

Referensi

Ari Kunto, Suhartini. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta, 2013.

Fatta, H. A. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.

Goal, Jimmy L. A to Z Human Capital (Manajemen Sumber Daya Manusia) Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik dan Bisnis . Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana, 2014.

Indrajani, S. M. Pengantar dan Sistem Basis Data. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2011.

Kristianto, Tri Pudjadi. Analisa Untuk Perancangan Strategi Sistem dan Teknologi Informasi Pada PT Ritrans Cargo. Universitas Bina Nusantara, 2007.

Kusrini. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi, 2007.

Kusrini, Emha Taufiq Luthfi. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2009.

Kusumadewi, Sri and Purnomo, Hari. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Munawar. Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika Bandung, 2018.

Nugroho, Adi. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java. Yogyakarta: Andi offset, 2010.

Pressman, R.S. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi, 2015.

Santoso, Insap. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset, 2009.

Sholiq. Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Unduhan

Diterbitkan

2020-10-10

Cara Mengutip

Indrayanti, I., & Yunianto, E. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEREKRUTAN KARYAWAN BARU DENGAN METODE SIMPLE ADDITTVE WEIGHTING PADA PT. PAJITEX. IC-Tech, 15(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v15i2.130