ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PPDB ONLINE TINGKAT SMP DI KOTA PEKALONGAN

Penulis

  • Prastuti Sulistyorini STMIK Widya Pratama
  • Christian Yulianto Rusli STMIK Widya Pratama
  • Faizal Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v15i2.120

Abstrak

Sejak tahun 2014, untuk kegiatan penerimaan calon peserta didik baru tingkat SMP/MTs, Dinas Pendidikan Kota Pekalongan mengembangkan sistem informasi PPDB secara online. Meskipun sudah diimplementasikan  selama 6 tahun, belum pernah dilakukan pengukuran kesuksesan implementasi sistem informasi PPDB online tingkat SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah sistem informasi PPDB online tingkat SMP, dapat dikatakan sukses atau berhasil dalam pengembangannya Model kesuksesan implementasi sistem informasi yang diadopsi dalam penelitian ini menggunakan model DeLone dan McLean yang telah dimodifikasi, yang terdiri dari 6 variabel yang mempengaruhi kesuksesan implementasi sistem, yaitu variabel kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, tingkat penggunaan, kepuasan user, dan manfaat bersih.  Variabel yang tidak digunakan adalah variabel penggunaan dan manfaat bersih. Variabel penggunaan dan manfaat bersih dihilangkan karena objek pada penelitian ini bersifat mandatory. Penelitian dilakukan dengan menganalisis hasil kuesioner dari 92 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini penggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan kepuasan pengguna sistem informasi PPDB online tingkat SMP, dipengaruhi oleh kualitas sistem, sedangkan kualitas informasi dan kualitas layanan tidak berpengaruh pada kepuasan pengguna.

Referensi

Curry, J.R. 2002. "The Organizational Challenge: IT and Revolution in Higher". April, 49 - 48.

DeLone, W. H. dan Ephraim R. McLean. 2003. "The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten – Year Update". Journal of Management Information Systems/Spring vol. 19. No. 4, p. 9 – 30.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Istianingsih dan Setyo H. Wijanto. 2008. "Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Perceived Usefullness, dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi." Simposium Nasional Akuntansi X. Pontianak.

Rai, A., Sandra S. Lang and Robert B. Walker. 2002. "Assesing the validity of IS Success Models : An Empirical Test and Theorical Analysis." Information System Research. ABI/INFORM global 50 -113.

Roldan, J.L, and Leal, A, A. 2003. Validation Test of an Adaption of The DeLone and McLean Model in The Spanish EIS Field. Idea Group Publishing.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfab

Unduhan

Diterbitkan

2020-10-10

Cara Mengutip

Sulistyorini, P., Yulianto Rusli, C., & Kurniawan, F. (2020). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PPDB ONLINE TINGKAT SMP DI KOTA PEKALONGAN. IC-Tech, 15(2). https://doi.org/10.47775/ictech.v15i2.120