MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANGKA DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA
DOI:
https://doi.org/10.47775/ictech.v18i2.113Kata Kunci:
Anak usia dini, angka dalam Bahasa Inggris, permainan ular tanggaAbstrak
Pada pendidikan anak usia dini penggunaan angka secara sederhana mulai diperkenalkan. Hal ini dikarenakan banyak sekali penggunaan angka yang dapat kita jumpai pada kegiatan sehari-hari. Tahap usia dini juga merupakan waktu yang tepat untuk proses pembelajaran bahasa Inggris. Sehingga jika anak mengawali pengenalan Bahasa Inggris dengan mengenal angka dalam Bahasa Inggris maka anak akan mudah memahaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman angka dalam Bahasa Inggris pada anak usia dini dengan media permainan ular tangga yang dikarenakan dalam proses pembelajaran harus menerapkan konsep belajar sambil bermain. Penelitian dilakukan di TK Al Irshad Kota Pekalongan pada anak TK Tingkat B. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan penyajian data berupa skor kemampuan anak yang dibagi menjadi 4 level skor yaitu skor 4 = jika anak bisa tanpa bantuan, skor 3 = jika anak bisa dengan bantuan awal, skor 2 = jika anak bisa dengan bantuan meniru teman, dan skor 1 = jika anak tidak bisa. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan anak dalam memahami angka dalam Bahasa Inggris. Jumlah persentase siswa dengan pemerolehan skor 3 dan 4 mengalami kenaikan, dari yang semula jumlah anak dengan skor 3 adalah 25% meningkat menjadi 45% dan skor 4 yang semula 12,5% meningkat menjadi 25%. Sedangkan jumlah persentase siswa dengan skor 2 dan 1 mengalami penurunan yaitu yang semula skor 2 adalah 37,5% menurun menjadi 17,5%, dan pemerolehan skor 1 yang semula 25% menurun menjadi 12,5 %. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga mampu meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam memahami angka dalam Bahasa Inggris.
Referensi
Farhurohman, O. (2017). Hakekat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Uinbanten, Http://Jurnal.Uinbanten.Ac.Id/Index.Php/Assibyan/Article/View/1334, 2(1). 27-36.
Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu -ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddum , 21-46. https://journal.walisongo.ac.id › download
Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khaatimah, Husnul dan Wibawa, Restu. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 76-87. https://media.neliti.com/media/publications/274210-efektivitas-model-pembelajaran-cooperati-c33542b3.pdf
Maghfiroh, S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1560-1566. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086/1020
Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Kompas Gramedia.
Nurhafizah. (2011). Kemampuan Berkomunikasi Sebagai Pilar Profesionalisme Guru dalam Membimbing Anak Usia Dini. Artikel Prosiding. Bandung : FIP UPI.
Nurhafizah. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Jurnal Pendidikan : Early Childhood. https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/288. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288
Nurhaliza, dkk. (2019). PENGENALAN ANGKA 1-20 DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF SISWA TK KARTIKA 1-21 PEKANBARU. GENERASI EMAS (Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini), 84-90. DOI: https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(2).4455. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/4455
Nurmainis. (2012). Peningkatan Pengenalan Konsep Angka Melalui Permainan Kalender Di Taman Kanak-Kanak Islam Silaturahmi Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pesona Paud, 1-13. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1688
Oktariyanti, Dwi. (2022). Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Bilangan 1-10 Dengan Kartu Angka Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Didik Kelompok B TK Bakti Mulia Tlepokkulon. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 95-104. https://ejournal.uksw.edu/audiensi/article/view/7454. DOI: https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no22022pp95-104
Rahayu, E. D., & Firmansyah, G. (2019). Pengembangan Permainan Tradisional Lompat Tali Untuk Meningkatkan Kinestetic Intelegency Pada Anak Usia 11-12 Tahun. Jendela Olahraga, 4(2), 8. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.3611
Royani, Ida dan Suryana, Dadan. (2023). Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan melalui Bermain Ular Tangga pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 17-26. https://obsesi.or.id › article › download › pdf
Rubaeni, Yeni Siti, dkk. (2021). “The Miracle of Golden Age” (Keajaiban Masa Emas). Depok: Yayasan Nurani Hati Institute. https://www.academia.edu/62734796/The_Miracle_of_Golden_Age_Keajaiban_Masa_Emas_ https://doi.org/102021
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No.1, 470-477. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/viewFile/5798/4151
Sood, S., & Mackey, M. (2015). Examining the Effects of Number Sense Instruction on Mathematics Competence of Kindergarten Students. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 2(2), 14–31. https://www.arcjournals.org/pdfs/ijhsse/v2-i2/2.pdf
Stakanova, E., & Tolstikhina, E. (2014). Different approaches to teaching English as a foreign language to young learner. Procedia Social and Behavioral Science, 456-460. https.//doi: 10.1016/j.sbspro.2014.08.154
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukmadinata, N. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Edi. (2021). Belajar Angka Dalam Bahasa Inggris. https://www.academia.edu/53273679/BELAJAR_ANGKA_DALAM_BAHASA_INGGRIS
Veryawan dan Hasibuan, Masliyah. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. PAUDIA, 62-70. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6736 https://www.researchgate.net/publication/347302580
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Riski Sulistiyaningsih, nur fadhilah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.