RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN SATU HARGA DI PASAR GROGOLAN KOTA PEKALONGAN

Penulis

  • Arochman Arochman STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Slamet Joko Prasetiono STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Murtini Murtini STMIK Widya Pratama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v15i1.101

Abstrak

Di pasar Grogolan banyak pedagang menyediakan bahan pokok dengan bermacam kualitas harga. Konsumen sering dirugikan dengan membeli bahan pokok yang harganya di atas harga normal. Perlindungan terhadap konsumen di pasar Grogolan perlu dilakukan dengan penginformasian harga secara aktual dan meyeluruh. Pengembangan sistem informasi pengendalian satu harga berbasis web menjadi tujuan yang tepat untuk mengiformasikan harga bahan pokok kepada pedagang dan pengunjung pasar Grogolan. Pembangunan sistem menggunakan framework CodeIgniter dengan penerapan konsep model-view-controller. Dari pengembangan sistem informasi pengendalian satu harga dapat disimpulkan sistem mampu memberikan informasi standar harga kebutuhan pokok setiap saat sebagai bentuk pengendalian harga, mampu menginformasikan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi dalam lingkungan pasar Grogolan, dan memyampaikan pengumuman kepada pengunjung dan pedagang secara langsung.

Kata Kunci : rancang bangun, sistem pengendalian satu harga 

Biografi Penulis

Arochman Arochman, STMIK Widya Pratama Pekalongan

Program Studi Sistem Informasi

Slamet Joko Prasetiono, STMIK Widya Pratama Pekalongan

Program Studi Teknik Informatika

Murtini Murtini, STMIK Widya Pratama Pekalongan

Program Studi Sistem Informasi

Referensi

Daqiqil, I. (2011). Framework CodeIgniter: Sebuah Panduan dan Best Pratice. Pekanbaru.

Juansyah. (2018). E-Monitoring Harga Sembako Pada Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Informatika.

Mulyanto, A. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Media pelajar.

Rahman, & Wahyuni, S. (2017). Desain Sistem Informasi Harga Pangan Realtime Sebagai Instrumen Kebijakan Pengendalian Inflasi Daerah. Jurnal Isypro UIN Alauddin Makasar.

Riyadi, S. (2015). Perancangan Sistem Informasi Harga Pasar Komoditas Holtikultura Menggunakan SMS Gateway.

Sinaga, F. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Dengan Android Untuk Harga Komoditas Pertanian. Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian.

Unduhan

Diterbitkan

2020-04-01

Cara Mengutip

Arochman, A., Prasetiono, S. J., & Murtini, M. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN SATU HARGA DI PASAR GROGOLAN KOTA PEKALONGAN. IC-Tech, 15(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v15i1.101