PERBANDINGAN BANYAKNYA FRAME RENDER DENGAN PENGGUNAAN SUMBERDAYA YANG DIGUNAKAN MENGGUNAKAN ANOVA ONE WAY DENGAN MEMANFAATKAN PARALLEL COMPUTINGRENDER ENGINE

Penulis

  • Ichwan Kurniawan STMIK WIDYA PRATAMA
  • Much. Rifqi Maulana STMIK WIDYA PRATAMA

DOI:

https://doi.org/10.47775/ictech.v13i1.1

Abstrak

Untuk memperoleh hasil render yang maksimal dengan waktu render yang singkat dapat memanfaatkan beberapa sumberdaya komputer secara bersama-sama dalam sebuah jaringan. Dengan memanfaatkan Parallel computing render engine untuk rendering 3D model pada open-source software agar hasil akhir dari rendering 3D model dapat lebih maksimal dan waktu rendering menjadi lebih cepat. Dalam penelitian ini render engine yang digunakan adalah blender network render, dengan menggunakan 12 unit perangkat komputer, yaitu 10 unit slave mode, 1 unit master dan 1 unit client. Uji coba rendering dilakukan 5 kali penambahan frame render, yaitu 12, 24, 38, 60, 120 frame render. Pada penelitian ini pengukuran komparasi menggunakan teknik uji komparasi statitistik Anova one way. Hasil dari uji komparis statistic Anova one way adalah 18.11>2.53 untuk probability 5% dan 18.11>3.77 untuk probality 1%. F hitung > F tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yaitu Terdapat Perbadaan Banyaknya Sumberdaya Komputer (Slave/Node) Yang Digunakan Sebelum Penambahan Frame Render Dari 12, 24, 36, 60, 120 Frame Dengan Memanfaatkan Parallel Computingrender Engine Pada Platform OpenSource Software. Terdapat 2 korelas yang Hipotesisi Alternatif diterima, yaitu korelas X3:X4 dengan harga T hitung (2.98) lebih kecil dari hatga T tabel (2.979<2.101). Dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak yaitu Terdapat Perbedaan Penggunaan Slave/Node Render Sebelum Menambah 36 Frame Menjadi 60 Frame, dan korelas X4:X5 dengan harga T hitung (4.81) lebih kecil dari hatga T tabel (4.81<2.101). Dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak yaitu Terdapat Perbedaan Penggunaan Slave/Node Render Sebelum Menambah 60 Frame Menjadi 120 Frame.

Referensi

Blender. n.d. About . Blender.org. Accessed Mei 9, 2017. https://www.blender.org/about/.

—. n.d. Network Render. Blender. Accessed Mei 9, 2017. https://wiki.blender.org/index.php/Dev:Source/Render/Cycles/Network_Render.

Bokoro, P, and K Malandala. 2017. "Condition assessment of SF6 circuit breakers using analysis of variance (ANOVA)." AFRICON, 2017 IEEE. Cape Town, South Africa: IEEE. 1374-1377.

Lysy C, Moleong,, M. Rumagit Arthur, and A. Sugiarso Brave. 2013. "Implementasi Cluster Computing Untuk Render Animasi." E-journal Teknik Elektro dan Komputer 2 (3): 1-8.

Patoli, Muhammad Zeeshan , Michael Gkion, and Abdullah Al-Barakati. 2009. "An open source Grid based render farm for Blender 3D." Power Systems Conference and Exposition, 2009. PSCE '09. IEEE/PES. Seattle, WA, USA: IEEE.

Rumagit, Arthur. 2013. "IMPLEMENTASI GRID COMPUTING UNTUK HIGH THROUGHPUT COMPUTING." JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS SAM RATULANGI 2 (1).

Sofian, Iwan. 2010. CISCO CCNA & Jaringan Komputer. Bandung: Informatika.

Sugiyono, Prof. Dr. 2017. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Verma, Shanti, and Kalyani Patel. 2017. "Association between shopping habit and demographics of m-commerce user's in India using two way ANOVA." Convergence in Technology (I2CT), 2017 2nd International Conference for. Mumbai, India: IEEE. 38-43.

Zhurong, Zhou, Deng Wei, and Qiu Yuhui. 2009. "A Grid Based Graphics Rendering Design." nformation Technology and Applications, 2009. IFITA '09. International Forum on. Chengdu, China: IEEE.

Unduhan

Diterbitkan

2018-05-19

Cara Mengutip

Kurniawan, I., & Maulana, M. R. (2018). PERBANDINGAN BANYAKNYA FRAME RENDER DENGAN PENGGUNAAN SUMBERDAYA YANG DIGUNAKAN MENGGUNAKAN ANOVA ONE WAY DENGAN MEMANFAATKAN PARALLEL COMPUTINGRENDER ENGINE. IC-Tech, 13(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i1.1